Bahan Bacaan: Tabloid Gaul is No.1!

Yosh! Kali ini saya kembali lagi dengan membahas tentang sesuatu yang sekarang mulai di lupakan sebagian orang yaitu media cetak, majalah dan tabloid.

Di Indonesia banyak jenis majalah dan tabloid, contohnya saja majalah Gadis, Aneka, Kartini, dan majalah anak-anak, majalah Bobo. Taloid Bintang, Nova, Keren-Beken, Kawanku, Story, sampai yang paling anyar yaitu tabloid Gaul. Nama-nama majalah dan tabloid besar yang saya sebutkan tadi sebagian besar sudah berhenti produksi, sebut saja majalah Story, tabloid Gaul, tabloid Kawanku.

Majalah Bobo Edisi 1 Tahun 2015

Pas kecil saya pembaca majalah Bobo. Setiap ayah mengajak saya pergi ke tukang Koran saya pasti minta di belikan majalah Bobo. Saya suka baca kisah dongeng anak-anak ataupun cerita keluarga kelinci Bobo. Tapi sekarang semua majalah Bobo saya sudah entah kemana. Ga ada satupun yang tersisa.

Beranjak remaja saya mulai suka K-Drama dan meninggalkan majalah anak-anak Bobo, beralih baca tabloid. Tabloid pertama yang saya punya itu tabloid Bintang yang waktu itu membahas tentang drama Korea, Boys Before Flowers atau Boys Over Flowers. Waktu teman saya punya tabloid Bintang edisi full BOF dan saya ga punya, rasanya sedih banget. Pengen nyari di toko-toko buku atau tukang Koran lain tapi ga sanggup nyari sekota Medan.

Saya juga bukan pengoleksi berbagai jenis majalah dan tabloid. Saya Cuma punya majalah Story, itu pun Cuma 3 edisi yang saya punya.

Majalah Story merupakan majalah yang isinya berbagai macam cerpen, cerbung, cerpen bahasa inggris, dan puisi. Saya suka majalah ini karna saya suka baca cerpen.



My first 'Story'

Majalah Story pertama saya yang covernya Sherina ini, lupa edisi berapa. Dan yang paling saya sedih majalah ini di hilangkan teman saya setelah meminjam (jangan sampe kalian punya teman macam ini), padahal edisi ini cerpennya bagus-bagus TT.TT

Salah satu edisi majalah Story yang saya punya. Edisi Desember 2013

Majalah Story yang terakhir saya beli di dalamnya sudah ga full cerpen seperti sebelumnya. Sudah ada beberapa artikel tentang artis dan KPop. Sayang banget, seperti majalah ini kehilangan identitasnya. Padahal baru Story majalah dengan isi full cerpen.

Tapi saya pun maklum, persaingan media cetak sangat ketat dan mungkin cerpen mulai di tinggalkan karna anak-anak remaja lebih memilih sibuk dengan artikel grup idolanya. Mau tidak mau Story memasukkan sedikit artikel tentang artis di dalamnya.

Tapi yang menyebabkan majalah Story gulung tikar adalah kemajuan teknologi saat ini. Sekarang ini sangat mudah mencari dan mendownload E-book gratis. Lalu penggemar KPop banyak yang bertransformasi menjadi penulis fanfiction yang banyak di baca teman-temannya bahkan sampai di terbitkan menjadi novel. Bagi yang tidak suka fanfiction bisa mendownload aplikasi Wattpad, di sana banyak sekali novel-novel dari penulis amatiran sampai yang professional. Jadi ga heran kalau majalah Story gulung tikar.

Bicara tentang majalah dan tabloid, yang akrab dengan saya sebagai KPopers dan pada penggemar K-Pop lain sudah pasti tabloid Gaul karna banyak memuat artikel tentang K-Pop idol dan kerennya lagi setiap edisi rajin ngasih bonus poster jumbo KPop Idol. Dimana lagi dapat poster jumbo selain di tabloid Gaul. Dengan harga terjangkau di kantong pelajar, dulu pertama beli harganya Rp.8.000,-. Lama-kelamaan naik jadi Rp.10.000,- dan terakhir saya beli kalau ga salah dengan harga Rp.12.000,-

Tabloid Gaul edisi 24

Yang di atas ini salah satu edisi tabloid Gaul yang saya punya. Ga bisa kasih foto asli karna tabloid dan poster saya menumpuk di gudang dan kondisinya menyedihkan T.T

Karna waktu itu saya lagi suka-sukanya sama Super Junior dan lagi heboh konser Kimchi, akhirnya saya beli tabloid Gaul edisi 24 tapi lupa tahun berapa dengan headline Liputan Konser Kimchi.



Semakin KPop dan K-Drama terkenal di Indonesia, semakin sering dan banyak pula berita tentang idol KPop dan aktor-aktris Korea di tabloid Gaul. Karna dulu belum banyak fanpage atau situs penyedia berita online, jadi tabloid Gaul satu-satunya cara KPopers tau kabar tentang idolanya. Termasuk juga saya, selain dari fanpage di facebook saya juga dapat berita idola saya dan artis Korea lain dari tabloid Gaul. Lebih dari setengah bagian tabloid ada berita tentang KPop, sampai-sampai ada beberapa pembaca protes karna tabloid Gaul jadi terlalu sering bikin berita tentang Kpop.

Salah satu edisi tabloid Gaul yang saya punya.

Terbit setiap senin, jadi setiap hari senin siang setelah pulang sekolah atau selasa pagi sebelum ke sekolah saya pasti mampir ke toko Koran yang jual tabloid Gaul buat liat ada siapa aja di edisi minggu ini, kalau ada idola saya pasti saya beli walaupun kadang harus sisihkan uang jajan dulu baru bisa beli. Ga jarang saya baru bisa beli di hari kamis atau jumat.

Salah satu edisi tabloid Gaul yang saya punya.


Salah satu edisi tabloid Gaul yang saya punya.

Yang saya suka dari tabloid Gaul yaitu bahasanya ringan, khas anak remaja. Selain berita tentang KPop, tabloid Gaul juga punya beberapa rubrik dan selain berita KPop dan rubrik ilmiah, yang paling saya suka itu cerpen salah satunya cerpen Lupus dan satu lagi saya lupa judulnya apa tapi cerita tentang suatu Band yang membernya punya kepribadian yang ‘unik’, di akhir cerita band ini bakal nyanyi dan lirik lagunya di ambil dari lagu hits penyanyi Indonesia dan di plesetin jadi aneh-aneh.

Salah satu edisi tabloid Gaul yang saya punya.

Sekitar tahun 2011-2012 Super Junior dan K-Pop bener-bener popular di Indonesia, maka semakin banyak pula artikel tentang K-Pop idol dan SJ di Gaul, sampe waktu itu ada satu laman khusus SJ dengan nama SuJu Corner. 

Kepopuleran tabloid Gaul harus berhenti karena persingan dari portal berita online yang semakin banyak. Menurut info dari Wikipedia sekitar pertengahan tahun 2014 tabloid Gaul berhenti produksi. Waktu itu saya biasa saja menanggapinya, tapi sekarang kalau di ingat-ingat jadi sedih juga karna tabloid Gaul juga berjasa bagi para KPopers Indonesia. Selain sering membuat berita idol KPop, tabloid Gaul juga selalu memberi laporan lengkap dari idol yang sedang konser di Indonesia.

Tabloid Gaul yang terakhir saya beli yaitu edisi konser 2NE1. Ga bisa bisa kasih foto asli dan bagus karna di google juga ga ada gambar cover di edisi itu dan ini akhirnya saya dapat di Pinterest. Ah! I love you, Pinterest! :*

Edisi konser 2NE1. Image source on Pinterest.

So, goodbye Tabloid Gaul. Terima kasih sudah menemani tahun-tahun awal saya menjadi seorang KPopers. We'll miss you TT.TT




Comments