Data Angka Kematian Ibu tingkat Kecamatan di Kota Surabaya, Adakah?

Meeeeennnnnn..... galau meeennnnn...... galau galau galau.... nih hati rasanya ada bencana tsunami sampe bikin paru paru sesak. Gini ini namanya kisah di balik penggarapan skripsi mahasiswa semester tua.
Aku lagi menggarap proposal skripsi (masih proposal) tentang pemetaan angka kematian ibu di Kota Surabaya. Sengaja milih lokasinya di surabaya karena aku sekarang berdomisili di sana, jadi nggak usah susah susah pulang pergi mondar mandir kalo penelitian.
Tapi sekarang ini aku kesandung di pendataan. Sudah datengin BPS bolak balik... belum juga nemu data angka kematian ibu (AKI) tingkat kecamatan se-Surabaya. Udah nanya ke petugasnya, malah mentalku dijatuhkan ... ya kalo nggak ada gak usah bikin semangat down gitu lah pak. Kita mahasiswa menggarap skripsi sambil jungkir balik, seenggaknya disemangatin kek, malah ditakut takutin. Itu bapak bapak petugas BPS jatim malah bilang gini "Nggak ada mbak data angka kematian ibu di kecamatan itu. Bahkan menurut saya di puakesmas juga nggak ada"..... bilang kayak gitu di depan semua petugas dan pengunjung BPS.... meeennnn.... gedeg gue sama tuh bapak bapak satu... down langsung... skripsi gue? Data gue? wisuda gue? Emaaaaakkk....
Butuh beberapa hari untuk menyembuhkan semangat yg sempat down. Kemaren rabu sudah datangin dosen pembimbing. Setelah menunggu selama berjam jam di rektorat (resiko punya dosen pembimbing seorang pembantu rektor), niatnya sih semoga dapat pencerahan... eeehhhh.... sama aja mahhhhh..... gue berargumen tentang case control dalam metode penelitian, bapaknya bilang "Aku lho nggak tahu kamu itu jelasin apa..." ....
Duuuhh bapak pembimbingku yang budiman... otokhaeeee.... resiko ngajuin skripsi tentang geografi kependudukan ke dosen penginderaan jauh.
Nggak patah arang, aku nyari backing lain. Dulu pernah menjadi sekretaris umum di UKM Kependudukan UNESA. Jadi ada lah harapan buat nanya nanya soal data kependudukan. Dan, aku telpon lah itu salah satu petugas BKKBN Jawa Timur (yang emang udah cukup dekat sama kita karena sering bekerja sama dalam ngadain kegiatan kependudukan).... pas di awal ngenalin diri dari ukm kependudukan, bapaknya respon. Waktu itu beliaunya lagi rapat, sampe belain keluar ruangan demi angkat telpon. Dan begitu aku mulai membahas tentang data angka kematian ibu per kecamatan, telponku langsung tuut... tuut... tuut...
Emmaaakkkkk..... ane pengen kawin aja kalo gini mak....
Galau seharian. Digituin lagi.... hati langsung down... ajikdo ne mami appaaaaaaa...... na neun otokhaeeee....
Harapan selanjutnya... datengin kecamatan... smoga ada data angka kematian ibu per kecamatan... kalo nggak ada... terpaksa mah hunting satu per satu puskesmas dan rumah sakit se surabaya.... (meluk pintu kamar)

Comments