Pengalaman Mengajar PPL, Rasanya Tersesat

Dibilang pengalaman sih engga tepat.... karena aku sedang menjalaninya sekarang. Belajar di perguruan tinggi jurusan pendidikan udah pasti harus ngalamin yang namanya praktik ngajar...
Dannnn..... saya seperti anak nyasar di sini. Gak ada pasion buat dengerin guru senior cuap cuap soal mengajar. Atau deg degan nervous harus ngajar di depan siswa untuk pertama kalinya. Aku... lebih suka mantengin android... browsing... baca meme comic... ngobrolin kpop via line sama temen... sisanya... mp3an....
Dan baru aja aku ketahuan duduk bersila di atas kursi sama staf sekolah. Ditegur dengan sopan. Dannnn.... saya cuma ngeblank. Guru PPL kok duduk bersila di sekolah.
Sangat sangat.... ah udahlah gue ga tau mesti bilang apa.
Cita cita jadi guru sudah ada sejak SD. Lalu berubah jadi komikus, jadi dubber film (karena keseringan nonton anime), sampe pengen jadi penyiar radio. Lalu balik lagi pengen jadi guru.
Dan aku mengubah cita cita aku pas sebulan lalu. Aku ga mau ngajar. Aku mau berkarir di perusahaan atau lembaga. Jadi guru prosesnya belibet panjang. Untung untung kalo jadi pns... tapi itupun butuh waktu.
Sementara bapak ibu udah semakin tua. Berangkat pagi pulang malam. Mana mungkin bisa aku bahagiain mereka dengan gaji guru yang kalau honorer setara sama karyawan mall.
Kalo kamu jadi PNS kan bisa sejahtera.
Iya... bisa jadi aku sejahtera sebagai PNS 8 tahun mendatang. Ketika udah bersuami dan anak berumur 3tahun. Ujung ujungnya juga pastoi buat bayarin rumah tangga sendiri.
Jadi kaya mustahil dengan menjadi akademisi. Harusnya wirausaha.
That's why... aku kehilangan feel di PPL ini... ngajar ya ngajar. Ngasih materi ya ngasih. Sisanya... aku sibuk dengan urusanku sendiri.
Mos hari ini, 28 Juli 2015 di SMA N 3 Kediri. Aku lebih suka duduk di bangku guru piket sunyi dan cuma ditemeni lagunya Green Day. Show ekstra kurikuler di aula sekolah. Dan sama sekali ga tertarik. Ga suka kebisingan.

Comments