[Review] Fanfiction : This is Really Goodbye

[Review] Fanfiction : This is Really Goodbye

Hai, sudah lama saya tidak mengisi blog ini dengan sebuah postingan. Pasti blogku ini penuh dengan sarang laba-laba di beberapa sudutnya. Sepertinya nanti aku harus meluangkan waktu untuk membersihkannya.

Kali ini saya tidak akan memposting sebuah Fanfiction atau mereview drama Korea. Untuk pertama kalinya saya mau mereview sebuah Fanfiction karya orang lain.

Dan Fanfiction yang (kurang) beruntung saya review kali ini adalah Fanfiction berjudul "This is Really Goodbye", karya Author bernama Benedikta Sekar. Selamat! *tebar confeti*


Awalnya saya tidak berniat untuk mereview Fanfiction ini. Justru niat awalnya saya mau mengcopy paste Fanfiction ini ke blog saya. Tapi rasanya kejam jika saya melakukan hal itu, seperti tak menghargai sang pemilik ceritanya.

Dan berhubung blog ini tidak bisa mereblog postingan seperti Wordpress, maka saya memutuskan untuk mereviewnya saja. Kan lumayan menambah Backlink buat blognya Dek Dikta hehehe

Fanfiction ini di publish tertanggal 1 Januari 2013, atau kurang lebih sekitar 2 tahun yang lalu. Meskipun cerita ini menggunakan saya - Kim Seungwon -, sebagai main castnya, cerita ini tidaklah di buat berdasarkan request pribadi dari saya.

Toh, biasanya jika saya request fanfic dengan cast utama saya, biasanya para author akan menolaknya mentah-mentah, dengan alasan karakter saya yang sempurna sulit untuk di gambarkan dengan kata-kata.

Makanya saya sangat terhura ketika nak Benedikta mendaulat saya sebagai main cast di cerita ini. Meskipun pada dasarnya Fanfiction ini tidak di buat khusus untuk saya, melainkan untuk PR menulisnya di komunitas blog.

Tanpa dukung kalian, hubungan Seungwon dan Yoona tak akan ada apa-apanya. Untuk Benedikta Sekar, saya daulat anda sebagai Presiden WonNa Shipper Indonesia.

Baca Juga Artikel: Review Korean Drama: Emergency Couple

Nah, sekarang kita masuk ke dalam pokok bahasan. Fanfiction ini berjudul "This is Really Goodbye". Cerita berjenis songfic ini di ambil dari sebuah lagu berjudul serupa yang di nyanyikan oleh M to M.

Lagu ini juga merupakan sebuah soundtrack dari sebuah drama populer, Lie to me.

Fanfiction ini menceritakan tentang sebuah penantian seorang pria muda tampan yang harus berakhir dengan sakitnya tuh di sini.

Cerita ini di perankan oleh Kim Seungwon, seorang pemuda tampan rupawan, yang rela menunggu gadis - di perankan Yoona SNSD - yang di cintainya selama 3 tahun tanpa kepastian yang jelas.

Well, sebenarnya pada tahun pertama Yoona sudah memberi kepastian tentang hubungan mereka yang tak jelas itu. Hanya saja Seungwon memutuskan untuk mengabaikannya. Karena ia yakin, sebelum janur kuning melengkung, siapa pun bisa di tikung.

Sesuai dengan lagunya, cerita ini bergenre sad romance. Happy ending buat Yoona dan sad ending buat Seungwon yang di tinggal pergi.

Di dalam Fanfiction ini, Seungwon di ceritakan sebagai orang yang bodoh, karena mau-maunya menunggu Yoona selama 3 tahun, padahal saat itu hubungan mereka tanpa status, jadi tak ada alasan bagi Seungwon untuk menunggunya.

Pacar bukan, selingkuhan juga bukan, ngapain coba di tungguin.

Tapi kemilau cinta Seungwon yang suci dan tulus membuatnya jadi pria bodoh. Bahkan, ketika Yoona sudah memberi kepastian pun, Seungwon tetap setia menunggu.

Memangnya setia itu salah? Justru yang bodoh itu Yoona. Dia itu seharusnya merasa beruntung karena di pilih oleh pemuda tampan rupawan seperti Seungwon.

Tapi apa coba yang di lakukan gadis itu pada pria rapuh seperti Seungwon? Dengan janji-janji yang konyol, ia menggantung status mereka, serta memberi harapan palsu pada pria lugu itu.

Aku tidak tahu alasan Yoona menolak pria sesempurna Seungwon. Mungkin gadis itu beralasan Seungwon terlalu baik. Tapi jika suatu saat ia di sakiti kekasih barunya, lalu putus. Yoona pasti akan berpikir semua pria itu sama saja, brengsek.

Ahh, dasar perempuan.

Jadi, di dalam cerita ini yang bodoh adalah Yoona. Yang salah adalah Yoona. Yang PHP adalah Yoona.

Seungwon hanyalah korban. Dia terlalu polos, sehingga ketulusannya mampu di permainkan dan di koyak-koyak oleh Yoona.

Aku suka cerita ini, untuk ukuran Ficlet, isi cerita udah lumayan menohok tentang kemilau cinta Seungwon yang suci. Sejujurnya akan lebih baik kalau cerita ini di buat lebih panjang, minimal 30 Chaptherd dengan 3 season, yakni season ramadhan, season banjir, dan season kawinan.

Diksi yang di gunakan penulis juga sangat baik, tak terlalu berat dan masih bisa di cerna dengan mudah oleh pembaca. Saya lihat juga Dek Dikta ini menyisipkan beberapa kata simpel yang tak terpikirkan jika saya yang menulis cerita ini.

Kesimpulannya, saya puas dengan cerita ini. Dari mulai penokohan, alur cerita, hingga penggambaran suasana, semuanya sangat pas. Apa lagi narasi tanya jawab tentang Seungwon yang berada dalam posisi sakitnya tuh di sini.

Haruskah Seungwon melakukan goyang dumang agar masalahnya cepat selesai?

Benedikta Sekar adalah salah satu penulis hebat yang saya kenal. Diksi dan gaya bahasa yang ia gunakan seperti seorang Author profesional.

Sayangnya kita berbeda fandom, sehingga terkadang sulit bagi saya untuk mengerti tokoh di cerita-ceritanya. Lagi pula kita berdua ini berbeda aliran. Dia dengan aliran lurus yang sesuai ajaran KBBI, sementara saya aliran sesat yang merusak KBBI.

Coba saja kalau ia membuat cerita dengan cast Seungwon - Yoona terus, pasti akan saya pantengin terus blognya setiap hari hehehe

Keterangan Fanfiction :

Judul : This is Really Goodbye

Author : Benedikta Sekar

Cast : Kim Seungwon & SNSD Yoona

Length : Ficlet

Genre : Songfic - sad romance

Inspired by : M to M - This is Really Goodbye (Ost. Lie to me)

nb: Review ini saya buat bukan untuk menggurui cerita ini, karena saya sadar ilmu saya dalam bidang tulis menulis amat sangat kurang. Di sini saya hanya memposisikan sebagai pembaca yang menikmati karya-karya hebat anda.

Da aku mah apah atuh, cuman author yang modal tampang doang *kibas poni*


Artikel Terkait :

Comments